Skip to the content
  • Beranda
    • Sambutan Kepala Sekolah
    • Video Profil Sekolah
    • Berita Terbaru
    • Acara Yang Akan Datang
    • Galeri Sekolah
  • Tentang Kami
    • Profile Sekolah
    • Visi dan Misi
    • Struktur Organisasi
    • Daftar Guru
    • Akreditasi
    • Sarana
    • Prestasi
  • Program
    • Ekstrakurikuler
  • Alumni
    • Portal Alumni
    • Testimoni Alumni
  • PPDB
    • Informasi PPDB
  • Hubungi Kami
    • FAQ
    • Helpdesk
  • Beranda
    • Sambutan Kepala Sekolah
    • Video Profil Sekolah
    • Berita Terbaru
    • Acara Yang Akan Datang
    • Galeri Sekolah
  • Tentang Kami
    • Profile Sekolah
    • Visi dan Misi
    • Struktur Organisasi
    • Daftar Guru
    • Akreditasi
    • Sarana
    • Prestasi
  • Program
    • Ekstrakurikuler
  • Alumni
    • Portal Alumni
    • Testimoni Alumni
  • PPDB
    • Informasi PPDB
  • Hubungi Kami
    • FAQ
    • Helpdesk
  • Beranda
    • Sambutan Kepala Sekolah
    • Video Profil Sekolah
    • Berita Terbaru
    • Acara Yang Akan Datang
    • Galeri Sekolah
  • Tentang Kami
    • Profile Sekolah
    • Visi dan Misi
    • Struktur Organisasi
    • Daftar Guru
    • Akreditasi
    • Sarana
    • Prestasi
  • Program
    • Ekstrakurikuler
  • Alumni
    • Portal Alumni
    • Testimoni Alumni
  • PPDB
    • Informasi PPDB
  • Hubungi Kami
    • FAQ
    • Helpdesk
  • Beranda
  • Tentang Kami
  • Program
  • Alumni
  • PPDB
  • Hubungi Kami

PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XII IPS 3 SMA TELKOM BANDUNG  TAHUN PELAJARAN 2019/ 2020

RIKSA SUKMA WIBAWA, S.Pd.

GURU BAHASA SUNDA DI SMA TELKOM BANDUNG

A.      LATAR BELAKANG

Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik (Wikipedia). Tujuan utama diselenggarakannya proses belajar adalah demi tercapainya tujuan pembelajaran. Tujuan tersebut utamanya adalah keberhasilan peserta didik belajar pada suatu mata pelajaran maupun pendidikan pada umumnya (Krismanto, 2003).

Sesuai dengan Permendikbud No 22 Tahun 2016, yaitu “Proses Pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Untuk itu setiap satuan pendidikan melakukan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran serta penilaian proses pembelajaran untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas ketercapaian kompetensi lulusan.”

B.       SASARAN TINDAKAN

Siswa yang menjadi sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 3 di SMA TELKOM BANDUNG. Siswa tersebut memiliki karakter yang heterogen. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh penulis, sebagian besar  siswa kurang aktif  dalam kegiatan pembelajaran, sedangkan berdasarkan kurikulum 2013 pembelajaran harus berperan aktif dalam menemukan pengetahuannya. 

C.      RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan permasalahan diatas, dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe  Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa di kelas XII IPS 3 SMA TELKOM BANDUNG?

D.      TUJUAN PENELITIAN

Tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui tingkat keberhasilan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe  Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di kelas XII IPS 3 SMA TELKOM BANDUNG

E.   MANFAAT PENELITIAN

1.  Bagi Guru         : Sebagai media untuk memudahkan penyampaian materi di dalam mengajar

2.  Bagi Siswa   : Sebagai media untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa

REFERENSI

Buku

Anita Lie. (2002). Cooperatif Learning: Mempraktikkan Cooperatif Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Briggs, Leslie J. 1977. Instructional Design,Educational Technology Rubiyanto, Rubino. 2010. MetodePenelitianPendidikan.

Oemar            Hamalik. (2002). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Slavin, Robert E. (1995). Cooperative Learning Theory Research and Practise.Boston: Allyn&Bacon.

Sekolah Menengah Atas 

Informasi

  • Jalan Radio Palasari, Citeureup, Dayeuhkolot, Bandung
  • 123 Main Street, New York, NY 10001
  • Mon-Fri 9:00AM - 5:00PM
Facebook-f Twitter

© 2022 All Rights Reserved.

© 2023

Powered by WordPress

To the top ↑ Up ↑